Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Di Umkm Gaya Batik Unggul Solo Baru Kecamatan Grogol Sukoharjo

Amanda, Natasia Tirsa (2025) Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Di Umkm Gaya Batik Unggul Solo Baru Kecamatan Grogol Sukoharjo. S1 thesis, Universitas Slamet Riyadi.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
18200142 3 - Natasia Amanda (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran dalam hal ini menjadi faktor penting bagi suatu perusahaan untuk dapat bersaing. Pentingnya suatu strategi pemasaran mendorong setiapperusahaan untuk berusaha dengan maksimal untuk mampu bersaing mencapaitarget pasar dengan cara melakukan berbagai macam strategi pemasaran. Tujuanpenelitian ini adalah untuk signifikansi pengaruh promosi, harga dan kualitasproduk terhadap keputusan pembelian produk batik di UMKM Gaya BatikUnggul Solo Baru Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode survei, jenis data yang digunakanadalah data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data yang digunakan dataprimer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yangmembeli produk batik di UMKM Gaya Batik Unggul Solo Baru KecamatanGrogol Kabupaten Sukoharjo yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Jumlahsampel yang diteliti sebanyak 69 orang. Besar sampel dihitung denganmenggunakan rumus Leedy. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan: kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, ujiasumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisiendeterminasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa promosi, harga dan kualitasproduk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk batik diUMKM Gaya Batik Unggul Solo Baru Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.Hasil koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa sumbangan pengaruh yangdiberikan oleh variabel promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusanpembelian produk batik di UMKM Gaya Batik Unggul Solo Baru KecamatanGrogol Kabupaten Sukoharjo sebesar 78,6% sedangkan sisanya sebesar 21,4%dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti, misalnya citramerek, kualitas pelayanan, word of mouth dan lain sebagainya.
Kata Kunci: promosi, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum > 658.82 Sales Promotion/Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email upt.perpustakaanunisri@gmail.com
Date Deposited: 27 Aug 2025 06:18
Last Modified: 27 Aug 2025 06:18
URI: http://repolib.unisri.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item
View Item