Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik Kelas Iv Sd N Tugu Surakarta Pada Pembelajaran Ipas Tahun Pelajaran 2024/2025.

Anisa Eka Wulandari, - (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik Kelas Iv Sd N Tugu Surakarta Pada Pembelajaran Ipas Tahun Pelajaran 2024/2025. S1 thesis, Universitas Slamet Riyadi.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
20540054 - anisa eka.pdf

Download (9MB)

Abstract

Anisa Eka Wulandari, PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS IV SD N TUGU SURAKARTA PADA PEMBELAJARAN IPAS TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi. Maret 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik Kelas IV SD N Tugu Surakarta Pada Pembelajaran IPAS Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tugu Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode pre-eksperimental design (one group pretest and posttest). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjunlah 28 anak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dengan rumus Shapiro Wilk, uji homogenitas dengan rumus Levene’s Test, dan uji hipotesis dengan rumus Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil rata-rata nilai pretest sebesar 62,28 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 79,28. Hasil uji hipotesis dengan rumus Paired Sample T-Test diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig. 2- tailed) sebedar 0,000 lebih kecil dari 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik kelas IV SDN Tugu surakarta pada pembelajaran IPAS.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), HOTS, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email upt.perpustakaanunisri@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:04
Last Modified: 20 Aug 2025 07:04
URI: http://repolib.unisri.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item