Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dalam Materi Gaya Di Sekitar Kita Pada Peserta Didik Kelas 4 Sdn Kleco 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025

Eka Nurti Handayani, - (2025) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dalam Materi Gaya Di Sekitar Kita Pada Peserta Didik Kelas 4 Sdn Kleco 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. S1 thesis, Universitas Slamet Riyadi.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
20540062 - Eka Nurti Handayani.pdf

Download (9MB)

Abstract

Eka Nurti Handayani. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DALAM MATERI GAYA DI SEKITAR KITA PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN KLECO 1 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Februari 2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas 4 SD Negeri Kleco 1 Surakarta . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan filsafat positivisme. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas 4 SD Negeri Kleco 1 Surakarta . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini, sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan pre-test (tes awal), kemudian diberikan perlakuan, dan setelah perlakuan diberikan, dilakukan post-test (tes akhir). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Kleco Surakarta dalam materi Gaya di Sekitar Kita. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata- rata nilai dari pretest sebesar 54,4 menjadi 80 pada posttest, serta hasil uji Paired Sample T-test yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email upt.perpustakaanunisri@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:30
Last Modified: 20 Aug 2025 07:30
URI: http://repolib.unisri.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item
View Item